![]() |
Source : Pixabay |
Mungkin diantara kita pernah melihat teman
atau sahabat satu kampus yang lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif yang
nyaris sempurna tetapi belum mendapatkan pekerjaan. Dari segi akademik mungkin
dia sangat bisa bersaing, tetapi kenyataannya ada beberapa bekal yang harus
dipersiapkan untuk menuju dunia kerja. Bekal apa saja yang harus dipersiapkan
agar kita siap untuk memasuki dunia kerja? yuuk...check in disini...!!
1.Kemampuan komputer
Kemampuan komputer ini sangat diperlukan
ketika kita memasuki dunia kerja. Hampir setiap posisi pekerjaan pasti
membutuhkan kemampuan komputer karyawannya. Posisi kerja yang membutuhkan
kemampuan dalam hal mengoperasikan komputer, contohnya : posisi sebagai admin
baik itu admin HRD,admin keuangan,admin kantor,maupun admin umum,selain posisi
sebagai administrasi,di bank pun seorang Frontliner (Teller dan Customer
Service) juga dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer. Minimal kita sebagai
calon karyawan sudah menguasai program software Microsoft Word,Excel,dan Power
point.Dengan adanya kemampuan mengoperasikan komputer ini pekerjaan pun bisa lebih mudah diselesaikan.
2.Kemampuan bahasa asing
Walaupun tidak mutlak diperlukan, tetapi ada
beberapa perusahaan yang mewajibkan seorang calon karyawannya memiliki
kemampuan untuk berbahasa asing baik itu secara lisan maupun tulisan.Bahasa
Asing yang paling banyak digunakan sebagai syarat di dalam lowongan kerja adalah bahasa inggris dan
bahasa mandarin.Untuk mengasah kemampuan bahasa asing,kita bisa mengikuti salah
satu program pendidikan yang ditawarkan oleh Lembaga yang menyelenggarakan
pelatihan bahasa asing.Ketika kita memiliki kemampuan berbahasa asing,maka kita
akan mendapatkan kesempatan lebih besar di dalam melamar pekerjaan di
perusahaan yang multinasional.
3. Profesionalisme Attitude (etika profesional)
Profesionalisme Attitude ini sangat dibutuhkan
ketika memasuki dunia kerja.Walaupun IPK mu tinggi , kalau tidak punya
profesionalisme Attitude ini juga pasti akan ditolak oleh
perusahaan. Profesional Attitude ini diantaranya :
a.
Kedisiplinan Kerja
Kedisipilinan kerja adalah hal yang mutlak
dijunjung tinggi oleh karyawan. Kedisiplinan kerja ini termasuk diantaranya
adalah patuh terhadap SOP dan Peraturan yang telah dibuat oleh
Manajemen. Perusahaan cenderung tidak mau merekrut calon karyawan yang dinilai
bengal dan liar terhadap peraturan perusahaan.
b.
Etos Kerja
Etos kerja ini juga menjadi bahan penilaian
manajemen terhadap karyawannya.Karyawan yang memiliki etos kerja yang tinggi
akan lebih cepat mendapatkan promosi daripada karyawan yang memiliki etos kerja
yang rendah.Etos kerja ini juga dapat dilihat dari cara bagaimana karyawan
tahan terhadap tekanan kerja yang muncul.
c.
Tanggung jawab
Rasa tanggung jawab yang besar terhadap
pekerjaan juga menjadi penilaian terhadap karyawan.Di dalam perkuliahan kita
sudah diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh
Dosen ataupun tutor,sehingga ketika memasuki dunia kerja kita sudah terbiasa
untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pimpinan.
d.
Etika dan Sopan santun
Yang terakhir adalah etika dan sopan santun.Karyawan
yang tidak memiliki etika dan sopan santun pasti menjadikan penilaian kinerja
karyawan menjadi jelek.Penilaian terhadap etika dan sopan santun calon karyawan
bisa dilihat oleh HRD melalui aktivitas rekrutmen.
Tips : Ketika akan memasuki ruangan
wawancara,apabila pintu ruangan tersebut tertutup,maka kita sebagai tamu harus
mengetok pintu tersebut.Kemudian ketika akan duduk,apabila belum dipersilahkan
duduk oleh interviewer maka kita meminta ijin kepada interviewer untuk
duduk.Yang terakhir,setelah interview selesai kita sebagai tamu mengucapkan
terima kasih dan berpamitan kepada interviewer. Dengan demikian,kita bisa
dianggap bahwa kita memiliki etika dan sopan santun.
4. Kemampuan berkomunikasi
Bekal terakhir yang harus dimiliki oleh calon
karyawan adalah kemampuan berkomunikasi. Sering kita jumpai karyawan yang pandai
secara akademik ketika dihadapkan pada sebuah diskusi atau rapat kerja
cenderung diam tanpa banyak suara dan hanya mengikuti jalannya rapat, ada pula
karyawan yang biasa-biasa saja secara akademik tetapi ketika dihadapkan pada sebuah
diskusi atau rapat kerja dia sangat enjoy untuk menyampaikan pendapatnya
sehingga rapat pun berjalan dinamis.Untuk mengasah kemampuan berkomunikasi
ini, kita harus sering berinteraksi dengan berbagai macam karakter
orang. Kemampuan berkomunikasi ini juga sangat diperlukan di dalam sebuah kerja
sama tim atau teamwork.
Keempat bekal tersebut sebetulnya bisa
dipelajari apabila kita serius untuk belajar dan mengupgrade kemampuan diri.Dengan
kita memiliki keempat bekal tersebut setidaknya kita sudah menyiapkan diri
untuk menuju dunia kerja yang penuh dengan persaingan dan kompetisi di dalamnya. Disisi
lain kita juga dapat percaya diri dengan kemampuan kita sendiri apabila kita bersaing
dengan kandidat calon karyawan lain di dalam sebuah rekrutmen pekerjaan. Dari
sisi administrasi syarat akademik yang
diminta perusahaan,kita dapat lolos karena Indeks Prestasi Kumulatif yang kita
dapatkan dari perguruan tinggi, Dari sisi penilaian kemampuan non akademik yang
kita miliki pun bisa menjadi bahan pertimbangan HRD untuk merekrut kita. Dengan
demikian,kesempatan kita untuk diterima kerja pun terbuka luas.
0 comments:
Post a Comment